EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DISERTAI DENGAN KEGIATAN DEMONSTRASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR ASAM, BASA, DAN GARAM

Rigiyanita, Apriana Indi and , Haryono and Utomo, Suryadi Budi (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DISERTAI DENGAN KEGIATAN DEMONSTRASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR ASAM, BASA, DAN GARAM. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (2). ISSN 2337-9995

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (364Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Contextual Teaching and Learning disertai dengan kegiatan demonstrasi pada mat eri pokok Asam, Basa, dan Garam siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siwalan , Pekalongan . Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Pretest-Posttest Design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling (pemilihan kelas secara acak) . Pengambilan data penelitian menggunakan teknik tes untuk kognitif dan teknik nontes berupa angket untuk afektif. Teknik analisis data menggunakan uji t-pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia dengan m odel pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai kegiatan demonstrasi efektif diterapkan pada materi pokok Asam, Basa, dan Garam siswa kelas VII semester 1 SMP Negeri 1 Siwalan. Hal ini terlihat dari rata -rata selisih prestasi kognitif sebesar 26,40 untuk kelas eksperimen dan 17,60 untuk kelas kontrol. Rata-rata nilai afektif sebesar 95,67 untuk kelas eksperimen dan 91,90 untuk kelas kontrol, sedangkan berdasarkan hasil uji t-pihak kanan, diperoleh t hitung sebesar 2,95 untuk prestasi kognitif dan 1,88 untuk nilai afektif dengan t tabel sebesar 1,67 dengan taraf signifikansi 5% . Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Demonstrasi, Asam, Basa, dan Garam

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 02:36
    Last Modified: 20 Apr 2014 02:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11708

    Actions (login required)

    View Item