Analisis Anteseden Orientasi Pasar dan Pengaruhnya terhadap Pembelajaran Organisasi UKM di Eks Karisidenan Surakarta

Wiyono, and Karsono, and Dewi, Amina Sukma (2012) Analisis Anteseden Orientasi Pasar dan Pengaruhnya terhadap Pembelajaran Organisasi UKM di Eks Karisidenan Surakarta. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (24Kb)

    Abstract

    Beberapa kelemahan pimpinan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia dalam kaitannya orientasi pasar adalah lemahnya jiwa kewirausahaan, rendahnya komitmen pimpinan untuk menerapkan orientasi pasar dalam organisasi dan kurangnya pelatihan (Suliyanto, 2011). Penelitian ini bertujuan untuk membangun budaya orientasi pasar melalui pembelajaran organisasi dengan menguji pengaruh orientasi konsumen dan orientasi pesaing pada pembelajaran organisasi. Penelitian ini menggunakan responden pemilik atau manajer Usaha Kecil dan Menengah (UKM) se Eks Karisidenan Surakarta. Jumlah responden yang digunakan 300 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kriteria pemilik warga negara Indonesia dan memiliki minimal dua karyawan. Analisis data yang digunakan adalah teknik Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis diharapkan bahwa variabel anteseden dari orientasi konsumen dan orientasi pesaing yang terdiri dari orientasi kewirausahaan, tekanan manajer, program pelatihan, dan sistem reward berpengaruh pada pembelajaran organisasi di UKM se Eks Karisidenan Surakarta. Kata kunci : orientasi pasar, orientasi pesaing, pembelajaran organisasi

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 17 Apr 2014 17:30
    Last Modified: 17 Apr 2014 17:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11701

    Actions (login required)

    View Item