EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN THINK PAIR SQUARE (TPSq) MELALUI PEMANFAATAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID KELAS XI SMA N 4 MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012

Nurkhasanah, Lina and Mulyani, Bakti and Utomo, Suryadi Budi (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN THINK PAIR SQUARE (TPSq) MELALUI PEMANFAATAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID KELAS XI SMA N 4 MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (2). ISSN 2337-9995

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (733Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran kimia pada pokok bahasan sistem koloid menggunakan pembelajaran kooperatif berbantuan peta konsep tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dibanding dengan tipe TPSq (Think Pair Square) terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Pretest  Posttest Comparison Group Design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, diperoleh 2 kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen I (pembelajaran TSTS dilengkapi peta konsep) dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen II (pembelajaran TPSq dilengkapi peta konsep). Teknik pengumpulan data aspek kognitif menggunakan metode tes, sedangkan aspek afektif menggunakan metode angket. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh selisih prestasi kognitif siswa kelas eksperimen I ( TSTS) dan kelas eksperimen II (TPSq) masing-masing sebesar 32,28 dan 28,56. Nilai rata-rata prestasi afektif siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing -masing sebesar 71,34 dan 69,03. Hasil uji t pihak kanan diperoleh t tabel (1,67) < t hitung kognitif (1,75) dan t tabel (1,67) < thitung afektif (2,12). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sistem koloid menggunakan pembelajaran kooperatif berbantuan peta konsep tipe TSTS lebih tinggi daripada tipe TPSq. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, TSTS , TPSq, Peta Konsep, Prestasi Belajar, Sistem Koloid. PENDAHULUAN

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 02:37
    Last Modified: 20 Apr 2014 02:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11691

    Actions (login required)

    View Item