Corporate Governance Memperkuat Pengaruh Pengungkapan Asset Tetap dan Beban Penelitian dan Pengembangan terhadap Penurunan Asimetri Informasi

Gantyowati, Evi and Widjayanto, Anis (2012) Corporate Governance Memperkuat Pengaruh Pengungkapan Asset Tetap dan Beban Penelitian dan Pengembangan terhadap Penurunan Asimetri Informasi. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mendasarkan pada roadmap meningkatkan daya saing bangsa melalui peningkatan pasar modal (“pembangunan manusia dan daya saing bangsa”). Karena pasar modal menyangkut kepentingan publik yang melibatkan tidak hanya investor Indonesia bahkan investor internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pengungkapan aktiva tetap serta biaya penelitian dan pengembangan terhadap penurunan asimetri informasi di sekitar pengumuman laba, dengan corporate governance sebagai variabel moderating. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2011. Metode pengambilan sample dengan purposive sampling yaitu perusahaan yang menerbitkan laporan keuangan di internet serta mempunyai data berkenaan dengan corporate governance dan informasi tanggal publikasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan korelasi karena data tidak normal dan jumlah data yang tidak lengkap cukup banyak untuk dilakukan dengan regresi berganda. Sebelumnya telah dialkukan uji normalitas dan uji asumsi klasik diantaranya adalah multikolinearitas. Hasilnya menunjukkan data tidak normal dan terjadi multikolinearitas. Variabel independen adalah item pengungkapan yang mengacu pada akhtarudin (2009) dan entwistle (1999), yang disesuaikan dengan SAK terbaru (2009), dan peraturan Bapepam dan Lembaga Keuangan Kep no 134/BL/2006. Variabel dependen adalah asimetri informasi yang diproksikan dengan selisih ask-bid. Periode window yang digunakan adalah 2 hari sebelum dan dua hari sesudah pengumuman laporan keuangan. Deskripsi data menunjukkan pola pengungkapan yang hampir sama antar periode dari waktu ke waktu, dan pola yang cukup sama juga untuk antar perusahaan. Perusahaan yang besar menunjukkan pengungkapan yang lebih banyak dalam informasi pengeluaran modal. Pengungkapan biaya riset dan pengembangan sangat sedikit karena beberapa diantaranya bekerjasama dengan lembaga riset diluar perusahaan, beberapa diantaranya tidak ada pengungkapan inovasi apapun.Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel gabungan corporate governance dan pengungkapan mempunyai hubungan dengan asimetri informasi, dibandingkan pengungkapan sendiri yang dihubungkan dengan asimetri informasi.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 17 Apr 2014 17:10
    Last Modified: 17 Apr 2014 17:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11690

    Actions (login required)

    View Item