STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN HANDOUT INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK KOLOID SISWA KELAS XI MA DARUL HUDA PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Chusna, Chotimatul and Ariani, Sri Retno Dwi and , Sugiharto (2013) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN HANDOUT INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK KOLOID SISWA KELAS XI MA DARUL HUDA PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (1). ISSN 2337-9995

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (544Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Efektivitas penggunaan media macromedia flash dalam pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar materi koloid, (2) Efektivitas penggunaan media handout inovatif dalam pembelajaran kooperatif STAD terhadap prestasi belajar materi koloid, dan (3) Efektivitas penggunaan media macromedia flash dalam pembelajaran STAD dengan media handout inovatif dalam pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar materi koloid. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sampel terdiri dari 3 kelas, data prestasi kognitif menggunakan tes, prestasi afektif menggunakan angket, uji hipotesis menggunakan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Penggunaan media macromedia flash dalam pembelajaran STAD efektif meningkatkan prestasi belajar materi koloid, harga t hitung kelas eksperimen I dan kelas kontrol untuk kognitif (3,511) dan afektif (4,340) lebih besar dari pada t tabel = 1,671, Ho ditolak, (2) Penggunaan media handout inovatif dalam pembelajaran STAD efektif meningkatkan prestasi belajar materi koloid, kedua harga t hitung kelas eksperimen II dan kelas kontrol untuk kognitif (1,709) dan afektif (3,298) lebih besar dari pada t tabel = 1,671, Ho ditolak, dan (3) Penggunaan media macromedia flash dalam pembelajaran STAD lebih efektif dibandingkan dengan handout inovatif dalam pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar materi koloid, kedua harga t hitung kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II untuk kognitif (1,711) dan afektif (2,113) lebih besar dari pada t tabel = 1,671, Ho ditolak. Kata Kunci: STAD, macromedia flash, handout inovatif, prestasi belajar, koloid.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 02:44
    Last Modified: 20 Apr 2014 02:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11685

    Actions (login required)

    View Item