EFEKTIVITAS MODEL BLENDED e-learning COOPERATIVE APPROACH TIPE TGT DILENGKAPI MODUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Pratiwi, Dian and , Sugiharto and Mulyani, Bakti (2013) EFEKTIVITAS MODEL BLENDED e-learning COOPERATIVE APPROACH TIPE TGT DILENGKAPI MODUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (1). ISSN 2337-9995

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (594Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Blended E-learning Cooperative Approach (BeLCA) tipe TGT dilengkapi modul terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 5 Surakarta pada materi pokok Hidrokarbon kelas X semester II tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X.2 sebagai kelas eksperimen (model BeLCA tipe TGT dilengkapi modul) dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol (model konvensional) yang dipilih secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes objektif untuk prestasi belajar kognitif dan metode angket untuk prestasi belajar afektif. Teknik analisis data menggunakan uji t-pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata selisih prestasi belajar kognitif dan afektif siswa kelas eksperimen (model pembelajaran Blended e-learning Cooperative Appoach (BeLCA) dilengkapi modul) yang masing-masing sebesar 47,48 dan 106,34 lebih tinggi daripada rata-rata selisih prestasi belajar kognitif dan afektif siswa kelas control (model konvensional) yang masing-masing sebesar 40,07 dan 99,97. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Blended e-learning Cooperative Appoach (BeLCA) dilengkapi modul efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Negeri 5 Surakarta pada materi pokok Hidrokarbon kelas X semester II tahun ajaran 2011/2012. Kata Kunci : Model Blended e-learning Cooperative Approach (BeLCA), Model Konvensional, Modul, Prestasi Belajar, Hidrokarbon

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 02:44
    Last Modified: 20 Apr 2014 02:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11684

    Actions (login required)

    View Item