STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA TTS DAN LKS PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SEMESTER GASAL SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sugiharti, Susi and Saputro, Sulistyo and Sugiharto, (2013) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA TTS DAN LKS PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SEMESTER GASAL SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (1). ISSN 2337-9995

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (368Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media TTS dibanding LKS pada pembelajaran kooperatif STAD terhadap prestasi belajar SPU siswa kelas X SMA N 1 Karanganyar semester I tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian “Randomized Control Group Pretest Posttest Design”. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling, sehingga didapatkan tiga kelas yaitu kelas eksperimen I (media TTS) dan eksperimen II (media LKS) serta kontrol. Teknik pengumpulan data aspek kognitif menggunakan tes, sedangkan aspek afektif menggunakan angket. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t-pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) prestasi belajar kognitif siswa pada penggunaan media TTS (44,706) lebih tinggi dibanding media LKS (40,353) pada pembelajaran kooperatif STAD materi SPU, (2) prestasi belajar afektif siswa pada penggunaan media TTS (91,118) lebih tinggi dibanding media LKS (86,147) pada pembelajaran kooperatif STAD materi SPU. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media TTS pada pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dibanding media LKS pada materi pokok SPU kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Kata Kunci : Studi komparasi, media TTS & LKS, pembelajaran kooperatif STAD, prestasi belajar siswa, dan sistem periodik unsur.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 02:44
    Last Modified: 20 Apr 2014 02:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11682

    Actions (login required)

    View Item