PEMBELAJARAN KIMIA BERWAWASAN CET (Chemoedutainment) DENGAN EKSPERIMEN MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUIL DAN RIIL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Pokok Materi Laju Reaksi dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Pada Siswa Kelas XI Semester I SMA N 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 20011/2012)

Wulandari, Dyah and Mulyani, Sri and Utomo, Suryadi Budi (2013) PEMBELAJARAN KIMIA BERWAWASAN CET (Chemoedutainment) DENGAN EKSPERIMEN MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUIL DAN RIIL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Pokok Materi Laju Reaksi dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Pada Siswa Kelas XI Semester I SMA N 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 20011/2012). Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (1). pp. 29-35.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (313Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar siswa antara pembelajaran berwawasan CET (Chemoedutainment) dengan eksperimen menggunakan laboratorium virtuil dan riil pada materi pokok laju reaksi, (2) prestasi belajar siswa pada pokok materi laju reaksi ditinjau dari gaya belajar siswa, (3) interaksi antara media pembelajaran dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok laju reaksi. Penelitian ini menggunakan media eksperimen dengan rancangan penelitian desain faktorial 2x3. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan media tes objektif untuk prestasi belajar kognitif, media angket untuk prestasi belajar afektif dan gaya belajar. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan Sel Tak Sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar siswa pada pembelajaran kimia berwawasan chemoedutainment dengan eksperimen menggunakan laboratorium virtuil lebih tinggi daripada siswa dengan pembelajaran yang sama tetapi menggunakan laboratorium riil pada materi pokok laju reaksi, (2) siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar kognitif yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik pada materi pokok tersebut, sedangkan untuk prestasi afektif tidak ada perbedaan diantara ketiga gaya belajar tersebut, (3) tidak ada interaksi antara pembelajaran kimia berwawasan chemoedutainment dengan eksperimen dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci: chemoedutainment, laboratorium virtuil, laboratorium riil, gaya belajar, prestasi belajar

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 02:50
    Last Modified: 20 Apr 2014 02:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11677

    Actions (login required)

    View Item