PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MELAWAN PENJAJAHAN JEPANG DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SDN 01 Tohudan, Colomadu, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013)

Ashari, Wulan Ika (2014) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MELAWAN PENJAJAHAN JEPANG DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SDN 01 Tohudan, Colomadu, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (165Kb) | Preview

    Abstract

    Wulan Ika Ashari. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MELAWAN PENJAJAHAN JEPANG DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajahan Jepang dengan menerapkan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) pada peserta didik kelas V SDN 01 Tohudan, Colomadu, Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 01 Tohudan yang berjumlah 36 peserta didik. Sumber data berasal dari peserta didik dan guru kelas V SDN 01 Tohudan. Data diperoleh dengan dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data, triangulasi teknik, dan triangulasi teori. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) dapat meningkatkan pemahaman konsep Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajahan Jepang dari sebelum tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan pemahaman konsep tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai pemahaman konsep peserta didik pada setiap siklus yaitu nilai rata-rata pemahaman konsep peserta didik sebelum tindakan hanya sebesar 62,2, pada siklus I nilai rata-rata pemahaman konsep peserta didik menjadi 72,2, dan pada siklus II meningkat menjadi 84,7. Sebelum dilaksanakan tindakan, peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM 20 peserta didik (55,6%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 32 peserta didik (88,9%) Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI (somatic, auditory, visual, and intellectual) dapat meningkatkan pemahaman konsep Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajahan Jepang pada peserta didik kelas V SDN 01 Tohudan, Colomadu, Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: Pemahaman Konsep, SAVI

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 17 Apr 2014 08:25
    Last Modified: 17 Apr 2014 08:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11662

    Actions (login required)

    View Item