PENERAPAN SOFTWARE MANAJEMEN PERPUSTAKAAN “SEMLIB” DALAM PENGINPUTAN DATA DETAIL BAHAN PUSTAKA JURNAL DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Risdhi, Sri Maeny Puspita (2014) PENERAPAN SOFTWARE MANAJEMEN PERPUSTAKAAN “SEMLIB” DALAM PENGINPUTAN DATA DETAIL BAHAN PUSTAKA JURNAL DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (412Kb) | Preview

    Abstract

    Sri Maeny Puspita Risdhi, 2013. D1810094. “PENERAPAN SOFTWARE MANAJEMEN PERPUSTAKAAN “SEMLIB” DALAM PENGINPUTAN DATA DETAIL BAHAN PUSTAKA JURNAL DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG” Tugas Akhir. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penginputan, kendala, dan cara menangani kendala dalam proses penginputan bahan pustaka jurnal dengan menerapankan software manajemen perpustakaan SEMLIB. Penelitian Tugas Akhir ini dilakukan di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang dengan menggunakan lima metode penelitian yakni metode wawancara, metode observasi, metode studi pustaka, metode tes, dan metode dokumentasi. Hasil observasi menunjukan cara penginputan bahan pustaka jurnal dengan menggunakan software SEMLIB menggunakan beberapa menu layanan pada menu Master yang terdapat di software SEMLIB seperti menu serial, menu edisi, dan menu artikel. Penerapan software SEMLIB memiliki beberapa kendala dalam proses penginputan bahan pustaka jurnal. Adapun saran yang penulis sampaikan untuk meningkatkan kinerja di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang, diantaranya: 1) Untuk pustakawan yang ditugaskan pada layanan koleksi serial hendaknya ditambah tidak hanya 1 (satu) orang saja, 2) Untuk kegiatan shelving perlu diperhatikan karena banyak buku yang letaknya tidak sesuai dengan nomor klasifikasinya, oleh karena itu hendaknya petugas lebih teliti lagi dalam kegiatan shelving, 3) Melihat banyaknya mahasiswa yang menggunakan fasilitas komputer di Sampoerna Corner dan Pojok BNI, penulis menyarankan pihak UPT Perpustakaan Undip untuk menambah unit komputer dengan mengusulkannya kepada Yayasan Putera Sampoerna dan Bank BNI, 4) Layanan RIO yang terdapat di Ruang Reserved Book hendaknya lebih dimaksimalkan dalam pengaturan dan promosinya sehingga bisa lebih diketahui dan dimanfaatkan oleh para pemustaka, 5) Koleksi Referensi perlu diperbarui dan ditambah koleksinya, karena banyak koleksi yang merupakan cetakan lama. Kata Kunci : SEMLIB, jurnal, input jurnal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 17 Apr 2014 08:19
    Last Modified: 17 Apr 2014 08:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11660

    Actions (login required)

    View Item