KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DALAM CERITA ANAK PELANGI DI SEBERANG LAUT KARYA HANACHAN SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA ANAK SISWA SEKOLAH DASAR

Utami, Evi Tri (2014) KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DALAM CERITA ANAK PELANGI DI SEBERANG LAUT KARYA HANACHAN SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA ANAK SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (250Kb) | Preview

    Abstract

    Evi Tri Utami. KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DALAM CERITA ANAK PELANGI DI SEBERANG LAUT KARYA HANACHAN SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA ANAK SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2013. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan : (1) karakter tokoh dalam cerita anak Pelangi di Seberang Laut berdasarkan teori kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud; (2) relevansi karakter tokoh cerita anak Pelangi di Seberang Laut sebagai materi pembelajaran apresiasi cerita anak pada siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis isi atau content analysis. Data penelitian berupa dokumentasi berbentuk cerita anak berjudul cerita anak Pelangi di Seberang Laut karya Hanachan yang diterbitkan oleh K.Hasyashi pada tahun 2012. Informan terdiri dari dua sastrawan, dua psikolog, dua guru SD, dan dua siswa SD. Teknik pengumpulan data menggunakan content analysis, wawancara, dan expect judgment. Validitas data berupa triangulasi teori dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interakrif yang meliputi empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Setelah analisis karakter tokoh, dilakukan analisis kurikulum berkaitan dengan apresiasi cerita anak dan sintesis sumber data dengan informan sehingga dapat disimpulkan bahwa cerita anak Pelangi di Seberang Laut karya Hanachan dapat digunakan sebagai materi pembelajaran apresiasi cerita anak siswa SD karena sesuai dengan kurikulum dan tingkat perkembangan siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) dalam cerita anak Pelangi di Seberang Laut terdapat penokohan dan perwatakan yang cukup kuat; 2) ada relevansi karakter tokoh dalam cerita anak Pelangi di Seberang Laut karya Hanachan sebagai materi pembelajaran apresiasi cerita anak siswa SD Kata kunci : psikologi sastra, cerita anak, materi pembelajaran, apresiasi cerita anak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 17 Apr 2014 07:10
    Last Modified: 17 Apr 2014 07:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11648

    Actions (login required)

    View Item