ANALISIS PENGARUH CITRA APOTEK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi di APOTEK LUK ULO KEBUMEN)

Pusporatri, Ari (2014) ANALISIS PENGARUH CITRA APOTEK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi di APOTEK LUK ULO KEBUMEN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (154Kb) | Preview

    Abstract

    Kualitas layanan farmasi dan pelayanan kefarmasian yang lebih baik dan berorientasi pada konsumen (pasien) harus terus dikembangkan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah dan meningkat, disamping dapat mengurangi risiko pengobatan. Dari kualitas pelayanan yang baik akan mencerminkan pencitraan apotek dengan nilai positif di masyarakat. Kepuasan dari pelanggan atas pelayanan yang diberikan oleh apotek (tenaga kefarmasian atau non kefarmasian) atas segala hal yang dibutuhkan serta jaminan keamanan dan kualitas informasi atas obat atau produk yang dibelinya, akan menumbuhkan kepuasan terhadap apotek yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh secara parsial maupun secara simultan kualitas pelayanan, komunikasi dan produk terhadap kepuasan konsumen. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif non eksperimental, berupa penelitian survey dengan menggunakan kuesioner sebagai alat dan bahan untuk memperoleh data, dengan metode judgemental sampling. Data yang dikumpulkan yaitu analisis pengaruh citra apotek terhadap kepuasan konsumen studi di (apotek Luk Ulo Kebumen). Data tersebut dianalisis menggunakan uji validitas, uji asumsi klasik, uji F, uji t, koefisien determinasi dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel kualitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai signifikasi 0,259>0,05. Komunikasi berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikasi 0,019<0,05. Produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikasi 0,000<0,05. Secara bersama-sama kualitas, komunikasi dan produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikasi 0,000<0,05. Kata Kunci: Kualitas, Komunikasi, produk, Kepuasan Konsumen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 17 Apr 2014 07:01
    Last Modified: 17 Apr 2014 07:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11645

    Actions (login required)

    View Item