PENGARUH PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TUMIJAJAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Suprihatin, Siti (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TUMIJAJAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2848Kb) | Preview

    Abstract

    to user xix ABSTRAK SITI SUPRIHATIN. NIM: S991108015. Pengaruh Pembelajaran Ekonomi Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tumijajar Tahun Pelajaran 2012/2013. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr, Siswandari. M.Stats, II: Dr. Sutarno, M.Pd. Program Pascasarjana Uneversitas Sebelas Maret Surakarta. Rendahnya prestasi belajar siswa dapat disebabkan karena guru kurang tepat dalam memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk menyampaikan materi pelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. (2) pengaruh interaksi kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. (3) pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar ekonomi ditinjau dari kemampuan awal siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain faktorial 2x3, dan dengan rancangan penelitian pretest posttest control-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tumijajar Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah lima kelas, yaitu kelas VIIA sampai VIIE. Sampel dalam penlitian ini dua kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VIID sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIE yang masing-masing terdiri 33 siswa. Teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes yaitu tes untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar siswa Fhitung > Ftabel atau 5,819>4,00 (2) Terdapat pengaruh interaksi tingkat kemampuan awal siswa tinggi, sedang, dan rendah terhadap prestasi belajar siswa Fhitung > Ftabel atau 22,903>3,15. 3) Terdapat pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa Fhitung > Ftabel atau 5,786>3,15. Dengan demikian hasil penelitian dengan pendekatan pembelajaran CTL lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran CTL pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki kemampuan awal sedang dan rendah, dan siswa yang memiliki kemampuan awal sedang lebih baik dari siswa yang memiliki kemampuan awal yang rendah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 17 Apr 2014 06:39
    Last Modified: 17 Apr 2014 06:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11637

    Actions (login required)

    View Item