PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PESAWAT SEDERHANA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KECIK 3 TANON SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ismiatik, . (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PESAWAT SEDERHANA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KECIK 3 TANON SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (389Kb) | Preview

    Abstract

    Ismiatik. X7111507. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PESAWAT SEDERHANA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KECIK 3 TANON SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2013. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi pesawat sederhana melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri Kecik 3 Tanon Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kecik 3 Tanon Sragen tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Sebagai sumber data yaitu siswa kelas V, guru, kepala sekolah, dan RPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi pesawat sederhana pada siswa kelas V SD Negeri Kecik 3 Tanon Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Peningkatan kemampuan mengidentifikasi pesawat sederhana dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil tes awal sebelum tindakan (pratindakan) yaitu 62,97 dengan ketuntasan klasikal 43,5%, kemudian pada siklus I nilai ratarata kelas meningkat mencapai 70,80 dengan ketuntasan klasikal 73,9%. Selanjutnya tindakan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75,23 dengan ketuntasan klasikal 91,3%. Kata Kunci : Model kontekstual, mengidentifikasi, pesawat sederhana.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 17 Apr 2014 06:35
    Last Modified: 17 Apr 2014 06:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11636

    Actions (login required)

    View Item