MEKANISME KLIRING DI PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG UTAMA SURAKARTA TUGAS AKHIR

Prihadini, Nurul (2014) MEKANISME KLIRING DI PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG UTAMA SURAKARTA TUGAS AKHIR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (341Kb) | Preview

    Abstract

    Transaksi keuangan semakin meningkat seiring dengan perkembangan perekonomian dan perdagangan, sehingga para pelaku usaha membutuhkan sistem pembayaran yang lebih cepat, mudah dan aman yaitu dengan sistem pembayaran non tunai seperti menggunakan cek dan bilyet giro melalui kliring. Bank Indonesia selaku penyelenggara kliring mengembangkan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), yang meliputi kliring debet dan kliring kredit yang penyelesaian akhirnya dilakukan secara nasional. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui sistem penyelenggaran dan mekanisme kliring di salah satu bank peserta kliring, yaitu di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Surakarta serta untuk mengetahui manfaat dari penyelenggaraan kliring. Metode penelitian yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif, dimana jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem penyelenggaraan kliring di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Surakarta menggunakan Sistem Semi Otomasi Kliring Lokal dan telah menerapkan Intercity Clearing, mekanisme kliring terdiri dari kliring penyerahan dan kliring pengembalian. Sistem dan mekanisme kliring tersebut telah dilaksanakan berdasarkan atas peraturan yang berlaku dari Bank Indonesia dan Buku Pedoman Tata Kerja BNI. Selain itu, penyelenggaraan kliring memberikan manfaat bagi nasabah, bank peserta kliring dan Bank Indonesia. Saran yang dapat disampaikan antara lain, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Surakarta diharapkan untuk lebih menyempurnakan sistem penyelenggaraan kliring, dan terus melakukan evaluasi serta pengelolaan yang baik terhadap pelaksanaan kliring untuk meningkatkan kualitas layanan kliring. Kata Kunci : Kliring, Intercity Clearing, SKNBI, Mekanisme

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 17 Apr 2014 06:27
    Last Modified: 17 Apr 2014 06:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11632

    Actions (login required)

    View Item