UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ILUSTRASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SABRANGLOR No. 78 JEBRES SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Ermawati, Nova (2014) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ILUSTRASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SABRANGLOR No. 78 JEBRES SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (558Kb) | Preview

    Abstract

    Nova Ermawati. UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ILUSTRASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SABRANGLOR No. 78 JEBRES SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menggambar ilustrasi pada siswa kelas IV SD Negeri Sabranglor No. 78 Jebres Surakarta tahun ajaran 2012/2013 melalui model pembelajaran Direct Instruction. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sabranglor No. 78 Jebres Surakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 52 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mekanisme kerjanya diwujudkan dalam dua siklus dan masing-masing siklus mencakup empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskripsi komparatif dan teknik analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menggambar ilustrasi pada siswa kelas IV SD Negeri Sabranglor No. 78 Jebres Surakarta tahun ajaran 2012/2013 dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Direct Instruction. Pencapaian peningkatan kemampuan menggambar ilustrasi siswa tersebut baik dari segi aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik adalah sebagai berikut: 1) capaian aspek afektif pada observasi awal 38,46 % menjadi 53,85 % pada siklus I dan meningkat menjadi 78,85 % pada siklus II; 2) capaian aspek kognitif pada observasi awal 34,61 % menjadi 57,69 % pada siklus I dan meningkat menjadi 75 % pada siklus II; 3) capaian aspek psikomotorik pada observasi awal 32,69 % menjadi 48,08 % pada siklus I dan meningkat menjadi 78,85 % pada siklus II. Kata kunci : Model pembelajaran Direct Instruction, kemampuan menggambar, gambar ilustrasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 17 Apr 2014 06:25
    Last Modified: 17 Apr 2014 06:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11631

    Actions (login required)

    View Item