PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR MOTIF RAGAM HIAS PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KETITANG KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013

Endrawati, Narulita (2014) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR MOTIF RAGAM HIAS PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KETITANG KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (832Kb) | Preview

    Abstract

    Narulita Endrawati. PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR MOTIF RAGAM HIAS PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KETITANG KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar menggambar motif ragam hias pada mata pelajaran seni budaya siswa kelas IV SDN 2 Ketitang, Juwiring, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri II Ketitang, Juwiring, Klaten. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 39. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mekanisme kerjanya diwujudkan dalam dua siklus dan masing-masing siklus mencakup empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes tertulis untuk aspek kognitif, aspek psikomotor dan aspek afektif dalam bentuk lembar observasi. Teknik yang digunakan untuk validitas data adalah triangulasi data dan review informan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskripsi komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa baik pada aspek afektif, kognitif maupun psikomotor dalam materi menggambar motif ragam hias pada mata pelajaran seni budaya dengan menggunakan metode demonstrasi sebagai berikut: 1) capaian aspek afektif pada observasi awal 41,02%, pada siklus I meningkat menjadi 58,97%, dan pada siklus II meningkat menjadi 74,35%. 2) capaian aspek kognitif pada observasi awal 43,58%, pada siklus I meningkat menjadi 61,53%, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,92%. 3) capaian aspek psikomotor pada observasi awal 38,46%, pada siklus I meningkat menjadi 66,66%, dan pada siklus II meningkat menjadi 79,48%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar menggambar motif ragam hias pada mata pelajaran seni budaya siswa kelas IV SD Negeri 2 Ketitang, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: metode demonstrasi, prestasi belajar, menggambar motif ragam hias

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 17 Apr 2014 06:23
    Last Modified: 17 Apr 2014 06:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11630

    Actions (login required)

    View Item