PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS V SDN TAWANG 02 TAHUN 2013

Ningrum, Indah Wahyu (2014) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS V SDN TAWANG 02 TAHUN 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (291Kb) | Preview

    Abstract

    Indah Wahyu Ningrum. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFATSIFAT BANGUN RUANG MELALUI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS V SDN TAWANG 02 TAHUN 2013. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sifatsifat bangun ruang melalui metode examples non examples pada siswa kelas V SDN Tawang 02 tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tawang 02 tahun 2013 yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode examples non examples dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat bangun ruang. Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai rata-rata pemahaman konsep siswa dan ketuntasan klasikal pada setiap siklus. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa pada saat prasiklus adalah 62,17, meningkat menjadi 74,87 pada siklus I dan meningkat menjadi 80,13 pada saat siklus II. Presentase ketuntasan klasikal pada prasiklus adalah 34,78% atau 8 siswa, pada siklus I meningkat menjadi 69,57% atau 18 siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 86,96% atau 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui metode examples non examples dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN Tawang 02 tahun 2013. Kata kunci: pemahaman konsep, sifat-sifat bangun ruang, metode examples non example

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 17 Apr 2014 05:58
    Last Modified: 17 Apr 2014 05:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11625

    Actions (login required)

    View Item