MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI MELALUI MEDIA GEOBOARD

Yatiningsih, Rusli and Maryadi, (2014) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI MELALUI MEDIA GEOBOARD. .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (43Kb) | Preview

    Abstract

    The purpose of the research is to know the effect of geoboard media in promoting the the achievement of students with visual impairment the Second Grade of SLB-A YAAT Klaten. This an action research conducted with two cycles of instructions with the sample of two students with visual impairments. The data was collected through test and non test techniques, and analyzed by descriptive quantitative method. The results show that the instruction of mathematics using geoboard media can improve the achievement of mathematics for students with visual impairment in SLB-A YAAT Klaten. It is shown from the facts that (1) first pretest and posttest score in the first cycle improves from 35 to 60, and from 35 to 70, (2) in the second cycle, there was improvement of scores from 60 to 80, from 75 to 90. It can be concluded that using geobord media in mathematics instruction can improve the achievement for students with visual impairment in SLBA YAAT Klaten. Key words : geoboard, achievement, mathematics, visual impairement ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada anak tunanetra kelas D-2di SLB-A YAAT Klaten dengan menggunakan media geoboard. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas D-2 sebanyak 2 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SLB-A YAAT Klaten dalam ruang kelas D-2 pada bulan April 2010. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan dua cara, yaitu dengan teknik tes dan non tes. Teknik non tes dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media geoboard dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa tunanetra kelas D-2 di SLB-A YAAT Klaten. Peningkatan prestasi belajar matematika siswa tunanetra dapat ditunjukkan oleh: (1) peningkatan nilai pre-test ke post-test I pada siklus I, untuk Yp dari 25 ke 60 yakni sebesar 35 dan untuk Fra dari 35 ke 75 yakni sebesar 40. (2) peningkatan nilai post-test I ke post-test II pada siklus II, untuk Yp dari 60 ke 80 yakni sebesar 20 dan untuk Fra dari 75 ke 90 yakni sebesar 15. Maka rekapitulasi peningkatan prestasi belajar matematika untuk Yp sebesar 55 dan untuk Fra sebesar 55. Peningkatan tersebut menunjukan bahwa pembelajaran matematika anak tunanetra dengan menggunakan media geoboard dapat meningkatkan prestasi belajar anak tunanetra kelas D-2 di SLBA YAAT Klaten dan dapat dilanjutkan. Kata Kunci: geoboard prestasi belajar, matematika

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Devi Arlina Irawati
    Date Deposited: 18 Apr 2014 02:53
    Last Modified: 01 Sep 2016 11:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11620

    Actions (login required)

    View Item