IMPLEMENTASI STRATEGI PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN DASAR.DASAR AKUNTANSI KEUANGAN

Muhtar, (2014) IMPLEMENTASI STRATEGI PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN DASAR.DASAR AKUNTANSI KEUANGAN. .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (780Kb) | Preview

    Abstract

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran dengan menggunakan strategi pemetaan konsep agar siswa mampu memahami subjek Prinsip Keuangan dan Akuntansi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan melalui tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari fase: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) mengamati dan menafsirkan, dan (4) menganalisis dan merefleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester tiga Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP IINS. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwaTSo/o dari siswa mendapat skor 70, sementara22Yo dari mereka tidak mencapaipassing grade.Berdasarkan data di atas dapat disimpul-kan bahwa penggunaan shategi pemetaan konsep dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam subjek Prinsip Keuangan dan Akuntansi. Hal ini didukung oleh kondisi di mana siswa dapat memahami dan mengembangkan konsep sehingga mereka dapat meningkatkan prestasi mereka dalam proses belaj ar-mengajar. Kata kunci: peta konsep, prestasi belajar, strategi pembelajaran, implementasi, dasar dasarakuntansi Abstruct: This research aims at developing a learning model using concept-mapping strateg/ in order to make students able to understand the material of The Principles of Finance and Accountancy well. This study is a classroom action research which is conducted in three cycles, each consisting offour phases: (1) planning, (2) implementing, (3) observing and interpreting, and (4) analyzing and reflecting. The subject of this study is the third semester students of Economics Education Program in kacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University. The techniques usedfor collecting the data are observation, questionnaire, and test. The result of this researclt shows that 78 % ofthe students got score 70, while 22 o% did not reach passing grade. Based on the data above, it can be concluded that using concept-mapping strateglt can improve the students' understanding on the material of The Principles of Finance and Accountancy. It is supported by the condition inwhich the students are able to'understand and develop the concept so that they canimprove their achievementin teachin[learningprocess.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Devi Arlina Irawati
    Date Deposited: 17 Apr 2014 04:09
    Last Modified: 17 Mar 2017 14:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11612

    Actions (login required)

    View Item