PENGARUH STUDENT CREATED CASE STUDIES DISERTAI DIAGRAM ISHIKAWA (SCCS-ISHIKAWA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP ILMIAH BIOLOGI SISWA KELAS X SMA N KEBAKKRAMAT

Kusumawati, Erni (2014) PENGARUH STUDENT CREATED CASE STUDIES DISERTAI DIAGRAM ISHIKAWA (SCCS-ISHIKAWA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP ILMIAH BIOLOGI SISWA KELAS X SMA N KEBAKKRAMAT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (522Kb) | Preview

    Abstract

    Erni Kusumawati. PENGARUH STUDENT CREATED CASE STUDIES DISERTAI DIAGRAM ISHIKAWA (SCCS-ISHIKAWA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP ILMIAH BIOLOGI SISWA KELAS X SMA N KEBAKKRAMAT. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni. 2013. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran aktif Student Created Case Studies disertai diagram Ishikawa (SCCS-Ishikawa) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan sikap ilmiah siswa kelas X SMAN Kebakkramat pada pokok bahasan pencemaran. Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperiment dengan desain penelitian Posttest Only Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini menerapkan pembelajaran aktif Student Created Case Studies disertai diagram Ishikawa (SCCS-Ishikawa) pada kelompok eksperimen dan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dipadu diskusi dan praktikum pada kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA N Kebakkramat. Teknik pengambilan sampel dengan cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay (untuk pengambilan data kemampuan berpikir kreatif siswa), Lembar observasi (untuk pengambilan data sikap ilmiah siswa) dan dokumen sekolah. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis pengaruh Student Created Case Studies disertai diagram Ishikawa (SCCS-Ishikawa) terhadap kemampuan berpikir kreatif diperoleh nilai sig. sebesar 0,00, sedangkan hasil uji hipotesis pengaruh Student Created Case Studies disertai diagram Ishikawa (SCCS-Ishikawa) terhadap kemampuan sikap ilmiah biologi diperoleh nilai sig. sebesar 0,00. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Student Created Case Studies disertai diagram Ishikawa (SCCS-Ishikawa) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA N Kebakkramat, (2) Student Created Case Studies disertai diagram Ishikawa (SCCS-Ishikawa) berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa kelas X SMA N Kebakkramat. Kata Kunci : Student Created Case Studies, Diagram Ishikawa, Berpikir Kreatif, Sikap Ilmiah Biologi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 17 Apr 2014 03:07
    Last Modified: 17 Apr 2014 03:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11607

    Actions (login required)

    View Item