PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR RANCANGAN KERAMIK MOTIF SURAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X-4 SEMESTER I SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/ 2013

Widyasmara, Awit Khumanggana Fida (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR RANCANGAN KERAMIK MOTIF SURAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X-4 SEMESTER I SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/ 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (620Kb) | Preview

    Abstract

    Awit Khumanggana Fida Widyasmara. THE IMPROVING OF DESIGNING ABILITY OF SURAKARTA MOTIVE CERAMIC USING DEMONSTRATION METHOD IN THE FIRST SEMESTER OF X-4 GRADE OF THE SEVENTH PUBLIC SENIOR HIGH SCHOOL OF SURAKARTA IN THE ACADEMIC YEAR OF 2012/2013. Thesis. Teacher Training and Education Faculty of Surakarta Sebelas Maret University. 2013. The objectives of this class room action research is to find out the ability of designing Surakarta Motive Ceramic using Demonstration Method in the first semester of X-4 Graders of The Seventh Public Senior High School of Surakarta in the academic year of 2012/2013. This study was a classroom action research applying demonstration method in Cultural Art learning in designing the Surakarta motive ceramic. From the result of data collection through interview, observation, and documentation, the teacher delivered learning with lecturing and demonstration methods, so that the students had not mastered yet the proportion, balance, rhythm, unity, coloring, and creativity in the Surakarta motive ceramic design drawing subject. The subject of research was the first semester of X-4 grade of the Seventh Public Senior High School of Surakarta in the academic year of 2012/2013 consists of 32 students, and Mr. Suparno S.Pd as the teacher assuming Cultural Art subject in the Seventh Public Senior High School of Surakarta. This study was conducted from September to November 2012, using two cycles and each cycle encompassed four activities: planning, implementing, observing and reflecting. The targeted indicators that had been achieved in this research were: 1) the student could master well proportion, balance, rhythm, unity, coloring, and creativity in the Surakarta motive ceramic design drawing subject in cycle I reaching 80%; 2) the student could master well proportion, balance, rhythm, unity, coloring, and creativity in the Surakarta motive ceramic design drawing subject in cycle II reaching 80%; and 3) the student could develop the idea of drawing exemplified by the teacher in drawing the Surakarta motive ceramic design, in cycle II reaching 80%. Considering the result of research, it can be concluded that the application of demonstration method to improve the ability of drawing ceramic design with Surakarta motive in the first semester of X-4 Grade of the Seventh Public Senior High School of Surakarta in the academic year of 2012/2013. Keywords: ability, drawing, ceramic, demonstration. Awit Khumanggana Fida Widyasmara. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR RANCANGAN KERAMIK MOTIF SURAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X-4 SEMESTER I SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/ 2013. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2013. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menggambar rancangan keramik motif Surakarta dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas X-4 semester I Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran Seni Budaya pada menggambar rancangan keramik motif Surakarta. Dari hasil pengumpulan data yang dilakukan dengan menerapkan wawancara, observasi, dan dokumentasi, guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan cara ceramah dan pemberian contoh, sehingga siswa pada pelajaran menggambar rancangan keramik motif Surakarta belum mampu menguasai proporsi, keseimbangan, irama, kesatuan, pewarnaan, dan kreativitas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-4 di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Surakarta yang berjumlah 32 semester I tahun ajaran 2012/2013, dan Bapak Suparno S.Pd., selaku guru pengampu mata pelajaran Seni Budaya di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Surakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan September hingga November 2012, dengan melalui dua siklus dan masing-masing siklus mencakup empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Target indikator yang telah dicapai pada penelitian ini yaitu: 1) Siswa mampu menguasai proporsi, keseimbangan, irama, dan kesatuan dalam menggambar rancangan keramik motif Surakarta dengan baik pada siklus I mencapai 80%; 2) Siswa mampu menguasai proporsi, keseimbangan, irama, kesatuan dan pewarnaan dalam menggambar rancangan keramik motif Surakarta dengan baik pada siklus II mencapai 80%; dan 3) Siswa mampu mengembangkan ide gambar yang dicontohkan guru dalam menggambar rancangan keramik motif Surakarta, pada siklus II mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menggambar rancangan gambar keramik dengan motif Surakarta pada siswa kelas X-4 semester I Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2012/ 2013. Kata Kunci: kemampuan, menggambar, keramik, demonstrasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    N Fine Arts > ND Painting
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 17 Apr 2014 00:35
    Last Modified: 17 Apr 2014 00:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11599

    Actions (login required)

    View Item