PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

, SARYADI (2013) PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (426Kb) | Preview

    Abstract

    Saryadi, D1810087, Pelayanan Sirkulasi di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Surakrta, Program Studi D3 Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNS, Surakarta, 2013. Pelayanan peminjaman adalah kegiatan kerja yang berupa pemberian bantuan kepada pemakai perpustakaan dalam proses peminjaman dan pengambalian pustaka. kegiatan krja ini sering disebut dengan istilah "sirkulasi". Sirkulasi mengandung maksud mengedarkan koleksi perpustakaan kepada pemakainya. Sirkulasi merupakan suatu kegiatan, pekerjaan perpustakaan, yang berkaitan dengan peminjaman maupun pengembalian. Kegiatan ini antara lain meliputi: syarat keanggotaan, peraturan, prosedur, dan statistik pengunjung. Tugas Akhir ini membahas pelaksanaan pelayanan sirkulasi yang meliputi: pendaftaran keanggotaan, peminjaman, pengembalian, dan sanksi (pemungutan denda). Pelayanan peminjaman buku di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta dilakukan dengan menggunakan sistem terbuka (open access). Tujuan dari penelitian Tugas Akhir ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana layanan sirkulasi di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta serta cara menanggulangi/ mengatasinya. Penelitian Tugas Akhir ini menggunakan metode penelitian: 1) Metode Observasi; 2) Metode Wawancara; 3) Metode Studi Pustaka. Berdasar dari penelitian Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta sistem peminjaman dan pengembalian menggunakan sistem automasi. 2) Layanan sirkulasi di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta meliputi: pendaftaran anggota, peminjaman, pengembalian, dan sanksi. 3) Pembayaran denda di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci: Layanan Sirkulasi, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Layanan Terbuka

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 16 Apr 2014 23:36
    Last Modified: 16 Apr 2014 23:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11586

    Actions (login required)

    View Item