EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM PENCAPAIAN BASIC LEARNING SKILL DI SEKOLAH DASAR

Sutijan, (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM PENCAPAIAN BASIC LEARNING SKILL DI SEKOLAH DASAR. .

[img] PDF - Published Version
Download (723Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara hasil mengajar dua kelompok guru dalam menerapkan model pembelajaran inovatif yang diterapkan pada siswa SD Kota Surakarta. Hipotesis yang akan diuji adalah : Model Savi lebih efektif daripada Inkuiri yang diterapkan pada siswa SD dalam basic learning skill. Metode penelitian yang digunakan adalah tes. Tes digunakan untuk mengungkap prestasi belajar siswa. Prestasi yang dimaksud di sini adalah nilai basic skill. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa berdasar analisis varians pada taraf signifikansi 5%, diperoleh harga Fhit sebesar 0,467669421; Fhit sekse sebesar 2,38382582; dan F hit pada pekerjaan orang tua 0,595692105; yang semuanya ini berada di bawah harga Ftabel sebesar 4,03. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran yang menggunakan model Savi maupun inkuiri, yang ditinjau dari sekse, dan pekerjaan orang tua siswa Kata Kunci: Model Pembelajaran inovatif dan Basic Skill

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 836 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 00:13
    Last Modified: 11 Oct 2016 14:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1154

    Actions (login required)

    View Item