PENGARUH INTERAKTIVITAS AKUN TWITTER PERUSAHAAN DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI TERHADAP PENJUALAN (Studi Analisis Isi Akun Twitter Perusahaan Samsung dalam Interaktivitasnya dengan Follower dan Memberikan Pengaruh terhadap Penjualan Maret 2013)

GINTING, MAGDALENA LESTARI (2013) PENGARUH INTERAKTIVITAS AKUN TWITTER PERUSAHAAN DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI TERHADAP PENJUALAN (Studi Analisis Isi Akun Twitter Perusahaan Samsung dalam Interaktivitasnya dengan Follower dan Memberikan Pengaruh terhadap Penjualan Maret 2013). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (487Kb) | Preview

    Abstract

    MAGDALENA LESTARI GINTING. S231108015. 2013. PENGARUH INTERAKTIVITAS AKUN TWITTER PERUSAHAAN DENGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI TERHADAP PENJUALAN (Studi Analisis Isi Akun Twitter Perusahaan Samsung dalam Interaktivitasnya dengan Follower dan Memberikan Pengaruh terhadap Penjualan Maret 2013). Tesis: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Interaktivitas merupakan kata kunci dari new media karena sifatnya sebagai media yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pengguna dan sumber informasi. Fenomena baru yang sedang terjadi adalah produk-produk perusahaan yang dahulu dipasarkan melalui iklan secara konvensional sekarang dapat diakses secara online. Media sosial baru yang bersifat interaktif ini membuat peta komunikasi berubah sama sekali, karena informasi bergerak lebih cepat. Samsung memiliki akun Twitter Perusahaan yang disebarluaskan dengan nama akun @Samsung_ID. Perusahaan Samsung hadir di Twitter untuk menyampaikan penawaran, memberitakan event perusahaan, dan mempromosikan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara interaktivitas dan efektivitas komunikasi yang terjadi dalam Akun Twitter Perusahaan Samsung terhadap penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis data sekunder dari Akun Twiter Perusahaan Samsung. yaitu mencatat munculan-munculan data dan mengubahnya ke data kuantitatif. Dalam penelitian ini data yang diteliti adalah pesan-pesan yang disampaikan melalui media Twitter kemudian dianalisis menggunakan korelasi berganda. Metode analisis korelasi berganda menunjukkan interkorelasi variabel-variabel independen dan interkorelasi variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara interaktivitas dan efektivitas komunikasi di Twitter Perusahaan secara bersama- sama terhadap penjualan. Oleh karena itu, bagi akademisi, pelaku usaha, maupun masyarakat diharapkan dengan dinamis mengikuti perkembangan media dan melakukan berbagai agar kegiatan pemasaran secara keseluruhan dapat diterapkan dengan baik. Kata Kunci: Interaktivitas, Efektivitas Komunikasi, Twitter Perusahaan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 16 Apr 2014 21:34
    Last Modified: 16 Apr 2014 21:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11539

    Actions (login required)

    View Item