ANALISIS KUALITAS DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN OBAT DI UNS MEDICAL CENTER

Wardani , Susri (2013) ANALISIS KUALITAS DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN OBAT DI UNS MEDICAL CENTER. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (592Kb) | Preview

    Abstract

    SUSRI WARDANI. NIM: S541108109. 2013. Quality and Patient Satisfaction Analysis of Medication Services in UNS Medical Center. THESIS. Supervisor I: Prof. Dr. dr. Didik Gunawan Tamtomo, M.M, M.Kes, PAK, II: Dr. dr. Hari Wujoso, Sp.F, M.M. Master of Family Medicine, Post Graduate School, Sebelas Maret University. In the National Health System is known that one of the organizing principles of medicine and medical supplies subsystem is servicing medicines and medical supplies organized in a rational way by focusing on quality, benefits, price, ease of access, and safety for the community and the environment. The purpose of this study was to analyze the quality and patient satisfaction of medication services in UNS Medical Center. This study used mixed methods. Mixed methods is a method that focuses on combining the two approaches, namely quantitative and qualitative. Quantitative approach that is research data in the form data in the form of numbers or the numbers obtained from the measurements and obtained by changing the qualitative data into quantitative data. While the approach is a qualitative research process by basing itself on the strength of the narrative, with a more natural situation, do contact with participants, with an open interview (inductive), can be developed and dynamic, more in-depth and detailed, neutral and flexible. The results showed that the score of medication service quality at UNS Medical Center is 82.88% with a good category. Reality of medication services has a score of 4.18 to 3.94 and the expectations of the average compliance rate of 0.93 which means that the patient perceives quite satisfied with the service of medicine at the UNS Medical Center. Patient dissatisfactions related to issues that are specific such as the quality of a given drugs, hospitality workers, speed of services and the provision of drug informations. Conclusion of this research is the quality of medication services in UNS Medical Center included in good categories and patients are quite satisfied with the medication services in UNS Medical Center. Keywords: quality, patient satisfaction, medication services SUSRI WARDANI. NIM: S 541108109. 2013. Analisis Kualitas dan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat di UNS Medical Center. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. dr. Didik Gunawan Tamtomo, M.M, M.Kes, PAK, II: Dr. dr. Hari Wujoso, Sp.F, M.M. Program Studi Magister Kedokteran Keluarga, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Pada Sistem Kesehatan Nasional diketahui bahwa salah satu prinsip penyelenggaraan subsistem obat dan perbekalan kesehatan adalah pelayanan obat dan perbekalan kesehatan diselenggarakan secara rasional dengan memperhatikan aspek mutu, manfaat, harga, kemudahan diakses, serta keamanan bagi masyarakat dan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas dan kepuasan pasien terhadap pelayanan obat di UNS Medical Center. Penelitian ini menggunakan metode campuran/mixed methods. Mixed methods adalah metode yang difokuskan untuk mengkombinasikan dua pendekatan, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang datanya berupa datanya berupa angka-angka atau bilangan- bilangan yang diperoleh dari hasil pengukuran maupun diperoleh dengan cara mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif. Sedangkan pendekatan kualitatif adalah suatu proses penelitian dengan mendasarkan diri pada kekuatan narasi, dengan situasi yang lebih alamiah, dilakukannya kontak dengan partisipan, dengan wawancara terbuka (induktif), dapat berkembang dan dinamis, lebih mendalam dan detail, netral serta fleksibel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor kualitas pelayanan obat di UNS Medical Center adalah 82,88% dengan kategori baik. Kenyataan pelayanan obat memiliki skor 3,94 dan harapan 4,18 sehingga rata-rata tingkat kesesuaiannya 0,93 yang berarti pasien mempersepsikan cukup puas terhadap pelayanan obat di UNS Medical Center. Ketidakpuasan pasien berkaitan dengan masalah-masalah yang bersifat spesifik seperti kualitas obat yang diberikan, keramahan petugas, kecepatan pelayanan dan pemberian informasi obat. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan obat di UNS Medical Center termasuk dalam kategori baik dan pasien cukup puas terhadap pelayanan obat di UNS Medical Center. Kata Kunci: kualitas, kepuasan pasien, pelayanan obat

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 16 Apr 2014 21:18
    Last Modified: 16 Apr 2014 21:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11530

    Actions (login required)

    View Item