EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) YANG DILENGKAPI MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM VIRTUALTERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI IPA SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Totiana, Fian and VH, Elfi Susanti and Redjeki, Tri (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) YANG DILENGKAPI MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM VIRTUALTERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI IPA SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 1 (1). pp. 74-79. ISSN 2337-9995

[img] PDF - Published Version
Download (2087Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran creative problem solving dilengkapi media pembelajaran laboratorium virtual terhadap prestasi belajar siswa materi pokok koloid. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan penelitian Randomized Subject Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen (model CPS dilengkapi laboratorium virtual) dan kelas kontrol (metode konvensional). Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data aspek kognitif menggunakan metode tes objektif dan aspek afektif menggunakan metode angket. Teknik analisis data untuk pengujin hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran creative problem solving dilengkapi media pembelajaran laboratorium virtual efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi pokok koloid. Terlihat dari hasil uji t pihak kanan diperoleh harga nilai thitung yaitu 2,85 lebih tinggi dari harga t tabel yaitu 1,669 untuk prestasi belajar kognitif dan harga nilai thitungyaitu 2,61 lebih tinggi dari harga ttabel yaitu 1,669 untuk prestasi belajar afektif. Kata kunci : model creative problem solving (CPS), prestasi belajar, laboratorium virtual, koloid

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 03:05
    Last Modified: 20 Apr 2014 03:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11443

    Actions (login required)

    View Item