PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN PROYEK TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BERWIRAUSAHA SISWA PADA MATERI DESTILASI KELAS X SMK NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2011/2012

Anggriani, Wahyu and Ariani, Sri Retno Dwi and Sukardjo, Js. (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN PROYEK TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BERWIRAUSAHA SISWA PADA MATERI DESTILASI KELAS X SMK NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 1 (1). pp. 80-88.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (713Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan CTL melalui metode eksperimen dan metode proyek terhadap prestasi belajar siswa pada materi Destilasi, pengaruh minat berwirausaha terhadap prestasi belajar siswa pada materi Destilasi, dan interaksi antara penggunaan pendekatan CTL melalui metode proyek dan eksperimen dengan minat berwirausaha terhadap prestasi belajar siswa pada materi Destilasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian desain faktorial 2x2. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas X Program Keahlian Teknik Kimia Industri SMK Negeri 2 Sukoharjo. Analisis data menggunakan Anava Dua Jalan Sel Tak Sama. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan CTL melalui metode eksperimen dan metode proyek terhadap prestasi belajar siswa pada materi Destilasi, terdapat pengaruh minat berwirausaha terhadap prestasi belajar siswa pada materi Destilasi, dan terdapat interaksi antara penggunaan pendekatan CTL melalui metode proyek dan eksperimen dengan minat berwirausaha terhadap prestasi kognitif siswa pada materi Destilasi, tetapi tidak terdapat interaksi antara penggunaan pendekatan CTL melalui metode proyek dan eksperimen dengan minat berwirausaha terhadap prestasi afektif dan psikomotor siswa pada materi Destilasi. Kata kunci: Pendekatan CTL, metode eksperimen, metode proyek, minat berwirausaha, materi Destilasi

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 03:05
    Last Modified: 20 Apr 2014 03:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11439

    Actions (login required)

    View Item