PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) DAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PERSIAPAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA

Kurniawan, Fredy and A. Dakir, and Sularmi, (2012) PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) DAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PERSIAPAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA. Didaktika Dwija Indria, 2 (3).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (265Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract : The purpose of this research is to improve comprehension on material of Indonesia Republic Independence Preparation by using Course Review Horay (CRH) method and video media among 5th grade students of SD Negeri III Bubakan of 2011/2012 academic year. This Research a classroom action research containing cycles of research. Each cycle consist of four stages starting with planning, action implementation, observation, and reflection. Those four stages formed cycle. This research was carried out in two cycle. The conclusion of research was that implementation of Course Review Horay (CRH) method and video media could improve comprehension on material of Indonesia Republic Independence Preparation among 5th grade students of SD Negeri III Bubakan of 2011/2012 academic year. Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi persiapan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dengan menggunakan metode Course Review Horay (CRH) dan media video pada siswa kelas V SD Negeri III Bubakan tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) berisi alur penelitian meliputi empat tahap dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan metode Course Review Horay (CRH) dan media video dapat meningkatkan pemahaman materi Persiapan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri III Bubakan Tahun Pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Course Review Horay (CRH) dan media video dapat meningkatkan pemahaman materi Persiapan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri III Bubakan Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata Kunci : metode Course Review Horay (CRH), media video, pemahaman materi.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 16 Apr 2014 14:09
    Last Modified: 16 Apr 2014 14:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11430

    Actions (login required)

    View Item