STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN METODE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZED) YANG DIDUKUNG KEGIATAN LABORATORIUM DAN VBL (VIDEO BASED LABORATORY) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SUB POKOK BAHASAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 2 KUDUS TAHUN AJARAN 2011 / 2012

Ifada, Fariha and Mulyani, Bakti and Saputro, Agung Nugroho Catur (2012) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN METODE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZED) YANG DIDUKUNG KEGIATAN LABORATORIUM DAN VBL (VIDEO BASED LABORATORY) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SUB POKOK BAHASAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 2 KUDUS TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 1 (1). pp. 44-50.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (299Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar siswa aspek kognitif dalam penggunaan metode pembelajaran TAI kegiatan laboratorium dan VBL terhadap pada materi sub pokok bahasan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. (2) Perbedaan terhadap prestasi belajar siswa aspek afektif dalam penggunaan metode pembelajaran TAI kegiatan laboratorium dan VBL pada materi sub pokok bahasan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kudus tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 (pembelajaran TAI didukung kegiatan laboratorium) dan kelas eksperimen 2 (pembelajaran TAI didukung VBL). Teknik pengumpulan data prestasi kognitif menggunakan metode test dan prestasi belajar afektif menggunakan metode angket. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t-dua pihak. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Prestasi belajar aspek kognitif pada siswa yang diajar menggunaan metode TAI didukung kegiatan laboratorium lebih baik daripada VBL pada materi sub pokok bahasan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. (2) Prestasi belajar aspek kognitif pada siswa yang diajar menggunaan metode TAI didukung kegiatan laboratorium lebih baik daripada VBL pada materi sub pokok bahasan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Kata Kunci: TAI, Kegiatan Laboratorium, VBL, Prestasi Belajar PENDAHULUAN Kegiatan belajar mengajar merupakan yang paling utama dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada bagaimana proses belajar mengajar yang terjadi. Dalam proses belajar mengajar terjadi interaksi antara guru dan siswa. Kegiatan belajar dilakukan oleh guru, keduanya berinteraksi menjalin komunikasi untuk mencapai suatu tujuan. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 03:12
    Last Modified: 20 Apr 2014 03:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11421

    Actions (login required)

    View Item