PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) DILENGKAPI LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MINYAK BUMI PADA SISWA KELAS X-4 SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012

Tyasning, Diah Megasari and , Haryono and Nurhayati, Nanik Dwi (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) DILENGKAPI LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MINYAK BUMI PADA SISWA KELAS X-4 SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 1 (1). pp. 26-33.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (271Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: 1) Penerapan model pembelajaran TGT dilengkapi LKS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi minyak bumi. 2) Penerapan model pembelajaran TGT dilengkapi LKS dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa pada materi minyak bumi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Data penelitian yang diambil berupa prestasi belajar kognitif, afektif, kepuasan belajar serta aktivitas belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan: 1) Penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi minyak bumi. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase rata-rata indikator keaktifan siswa 67,06% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85,65%. Siswa yang dinyatakan sangat aktif pada siklus I sebanyak 22,22% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,56%, dan 2) Penerapan model pembelajaran TGT dilengkapi LKS dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa pada materi minyak bumi. Ketuntasan belajar siswa mencapai 41,67% pada siklus I dan 83,33% pada siklus II. Untuk hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 71,90% dan siklus II sebesar 75,6 0%. Dilihat dari kepuasan siswa terhadap pembelajaran terdapat peningkatan kepuasan siswa dari 78,04% pada siklus I menjadi 79,22 % pada siklus II. Kata kunci: penelitian tindakan kelas, teams games tournaments, aktivitas dan hasil belajar

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 03:13
    Last Modified: 05 Sep 2016 12:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11419

    Actions (login required)

    View Item