EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY(SETS) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASHTERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

A, Nunuk Nurcahyani and Mulyani, Bakti and Mahardiani, Lina (2012) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY(SETS) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASHTERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 1 (1). pp. 19-25.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (122Kb) | Preview

    Abstract

    Perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis Science Environment Technology and Society (SETS) berbantuan macromedia flash terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Perubahan Fisika dan Kimia siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 14 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Sampel terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes objektif untuk prestasi belajar kognititf dan metode angket untuk prestasi belajar afektif. Teknik analisis data menggunakan uji t-pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis Science Environment Technology and Society (SETS) berbantuan macromedia flash efektif diterapkan pada materi pokok Perubahan Fisika dan Kimia kelas VII semestergenap SMP Negeri 14 Surakarta, dapat dilihat dari harga t hitunglebih besar daripada t tabel yaitu sebesar 3,63 > 1,67 untuk prestasi aspek kognitif dan 2,91 > 1,67 untuk prestasi belajar aspek afektif. Selain itu berdasarkan hasil selisih prestasi belajar kognitif kelas eksperimen (21,611)lebih tinggi dari pada kelas kontrol (16,361) dan begitu juga dengan prestasi belajar afektif kelas eksperimen (94,556) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (88,111). Kata kunci : Student Teams Achievement Division (STAD), Science Environment Technology and Society (SETS), macromedia flash, perubahan fisika dan kimia

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 03:15
    Last Modified: 20 Apr 2014 03:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11418

    Actions (login required)

    View Item