IMPLEMENTASI STRATEGI MERCHANDISING PRODUK PADA PT.TRI DAYA SUMBER REJEKI

MANAN, FUAD NUR (2013) IMPLEMENTASI STRATEGI MERCHANDISING PRODUK PADA PT.TRI DAYA SUMBER REJEKI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (438Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK IMPLEMENTASI STRATEGI MERCHANDISING PRODUK PADA PT. TRI DAYA SUMBER REJEKI FUAD NUR MANAN F3210039 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi merchandising yang dilakukan oleh PT. Tri Daya Sumber Rejeki. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan PT. Tri Daya Sumber Rejeki dalam menata produk agar dapat di tata dengan rapi, dan menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi pustaka. Tugas akhir ini menggunakan metode pembahasan deskriptif, yaitu menggambarkan tentang strategi merchandising yang dilakukan oleh PT. Tri Daya Sumber Rejeki. PT. Tri Daya Sumber Rejeki merupakan agen distributor, yang mempunyai sebuah team merchandiser, yaitu team yang mempunyai tugas untuk memajang produk. Di dalam memajang produk, team merchandiser berpedoman pada planogram, yaitu suatu rancangan yang dapat berupa gambar, foto, Design, Sketsa yang digunakan oleh distributor tersebut. Planogram yang dilakukan oleh PT. Tri daya Sumber Rejeki adalah dengan cara menyewa tempat (Toko), atau sering disebut dengan sewa display. Strategi ini dilakukan berdasarkan perjanjian antara PT. Tri Daya Sumber Rejeki dengan pemiliki toko. Dimana sewa display ini dikenakan biaya per tiga bulan sekali, tergantung bentuk pajangan nya, karena harga sewa pajangan dari masingmasing planogram berbeda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada PT. Tri Daya Sumber Rejeki dapat di simpulkan bahwa Planogram yang dimiliki oleh perusahaan secara garis besar sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku (Sujana,2005). Baik dari segi warna, maupun ukuran produk, tetapi masih ada dua planogram yaitu NHD dan NCD perlu diperbaiki baik dari segi warna maupun ukuran produk. Kata Kunci : Merchandising, Planogram, Display.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 16 Apr 2014 13:38
    Last Modified: 16 Apr 2014 13:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11415

    Actions (login required)

    View Item