SUARA PENDENGAR TENTANG LALU LINTAS (Studi Analisis Isi Suara Pendengar Tentang Lalu Lintas di Program Kelana Kota Radio Suara Surabaya Periode Bulan Februari 2013)

Kuspriyanti, Hanti (2014) SUARA PENDENGAR TENTANG LALU LINTAS (Studi Analisis Isi Suara Pendengar Tentang Lalu Lintas di Program Kelana Kota Radio Suara Surabaya Periode Bulan Februari 2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (655Kb) | Preview

    Abstract

    Hanti Kuspriyani, D0209038, SUARA PENDENGAR TENTANG LALU LINTAS (Studi Analisis Isi Suara Pendengar Tentang Lalu Lintas Di Program Kelana Kota Radio Suara Surabaya Periode Februari 2013), Skripsi (S-1), Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2013. Menurut undang-undang nomor 22 tahun 2009, lalu lintas diartikan sebagai gerak kendaraan dan orang di ruang lalu lintas jalan. Sedangkan ruang lalu lintas didefinisikan sebagai prasarana yang diperuntukkan bagi gerak pindah kendaraan, orang, dan/atau barang yang berupa jalan dan fasilitas pendukung. Beberapa hal terkait lalu lintas yang menjadi pusat perhatian masyarakat meliputi kondisi lalu lintas, kecelakaan, fasilitas, pelanggaran, dan manajemen. Radio Suara Surabaya merupakan radio yang dijuluki sebagai radio “Lalu Lintas”. Hal ini terjadi karena sebanyak 48,93 % informasi interaktifnya merupakan informasi lalu lintas (sumber : Research and Development Suara Surabaya). Setiap harinya terdapat kurang lebih seribu pendengar yang bergabung untuk melaporkan informasi lalu lintas yang terjadi di sekitar mereka. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana isi suara pendengar tentang lalu lintas di program Kelana Kota Radio Suara Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Multistage random sampling yaitu memilih sampel secara bertahap. Unit pertama adalah pengambilan minggu secara acak, kemudian hari dalam minggu yang sudah terpilih. Akhirnya Tterdapat 508 sampel suara pendengar yang diambil dalam tiga hari di bulan Februari 2013. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi. Isi suara pendengar tentang lalu lintas dilihat melalui kategori saluran, topik lalu lintas, komponen lalu lintas, arah isi, dan jenis isi. Analisis yang digunakan adalah tabulasi silang untuk melihat hubungan antarvariabel. Dari hasil perbandingan tersebut diketahui bahwa suara pendengar tentang lalu lintas yang paling banyak dilaporkan adalah suara lalu lintas tentang kondisi lalu lintas (60,83%) dengan arah isinya netral (83,02%) dan jenisnya adalah informatif (87,20%). Dengan menggunakan saluran yang paling banyak digunakan oleh pendengar adalah saluran telepon (50,78%). Dari temuan-temuan tersebut menunjukkan bahwa pendengar radio Suara Surabaya memberikan suara secara aktif terkait informasi lalu lintas tentang kondisi lalu lintas dengan arah netral berjenis informatif dengan memanfaatkan saluran telepon Keyword : Suara Pendengar, Lalu Lintas, Radio, Analisis Isi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 10:11
    Last Modified: 16 Apr 2014 10:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11410

    Actions (login required)

    View Item