PROSEDUR PELAYANAN PENSIUN JANDA/DUDA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA PT.TASPEN (PERSERO) CABANG SURAKARTA

Khoirunnisa, Novita Umi (2014) PROSEDUR PELAYANAN PENSIUN JANDA/DUDA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA PT.TASPEN (PERSERO) CABANG SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (218Kb) | Preview

    Abstract

    Novita Umi Khoirunnisa, D1510059, Prosedur Pelayanan Pensiun Janda/Duda Pegawai Negeri Sipil pada PT TASPEN (Persero) Cabang Surakarta, Program Diploma III Manajemen Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 65 Halaman Pegawai Negeri Sipil adalah Warga Negara Indonesia yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri atau diserahi tugas Negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu pemerintah perlu memberikan kesejahteraan Pegawai Negeri dengan menjamin hari tua dan kelangsungan hidup Pegawai Negeri dan keluarga atau ahli waris setelah Pensiun. PT.TASPEN (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara yang ditugasi oleh pemerintah dalam menyelenggarakan berbagai program, salah satunya adalah program Pensiun Janda/Duda dari Pegawai Negeri Sipil atau Pensiunan Pegawai Negeri Sipil yang telah meninggal dunia. Istri/Suami dari Pegawai Negeri Sipil atau Pensiunan Pegawai Negeri Sipil masih banyak yang belum paham mengenai persyaratan yang harus dibawa dalam mengurus permohonan pembayaran Pensiun Janda/Duda. Selain itu, masih sering muncul berbagai hambatan dalam pengurusannya. Sehingga perlu adanya sosialisai supaya pemohon paham akan pengurusan pensiun Janda/Duda dan diharapkan tidak ada hambatan dalam pelaksanaan prosedur pelayanan pensiun Janda/Duda. Prosedur Pelayanan Pensiun Janda/Duda Pegawai Negeri Sipil merupakan suatu rangkaian untuk memberian pelayanan yang mudah, bermutu, dan berkualitas yang diberikan oleh PT TASPEN (Persero) pada saat melakukan pelayanan atas pembayaran Klim kepada peserta atau pemohon. Janda/Duda dari peserta yang meninggal dunia akan mendapatkan Uang Duka Wafat,Pensiun Terusan. Selain itu juga akan mendapatkan Tabungan Hari Tua (Bagi PNS aktif meninggal duni) dan Asuransi Kematian. Pengamatan yang digunakan oleh penulis dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah Metode Kualitatif Deskriptif adalah pengamatan tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata disusun dalam kalimat. Jenis data yang digunakan data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari pengamatan tersebut, Prosedur pelayanan pensiun Janda/duda dalam pengurusan pembayaran klim tersebut melalui alur atau tahapan antara lain adalah : Informasi, Penelitian persyaratan ke Customer service, Update data/Perhitungan, Verifikasi, Otorisator, dan setelah itu pembayaran dilakukan di bagian Kasir dengan menggunakan 2 (dua) sistem yaitu secara Langsung (Prioritas) dan secara Tidak Langsung (Non Prioritas). Dari alur atau tahapan pelayanan pengurusan atau pengajuan pembayaran klim pensiun Janda/Duda tersebut muncul berbagai hambatan yang dapat mengganggu kinerja pegawai, tetapi PT TASPEN (Persero) berusaha melakukan perbaikan untuk mengatasi hambatan. Sehingga, peserta atau pemohon dapat merasa puas dalam pengurusan haknya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 09:57
    Last Modified: 16 Apr 2014 09:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11406

    Actions (login required)

    View Item