ASPEK KEJIWAAN DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL KUBAH KARYA AHMAD TOHARI (PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA)

Riyanton, M (2014) ASPEK KEJIWAAN DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL KUBAH KARYA AHMAD TOHARI (PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (576Kb) | Preview

    Abstract

    M. RIYANTON. S 841202014. Aspek Kejiwaan dan Nilai Pendidikan dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari (Pendekatan Psikologi Sastra) Tesis. Surakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan proses kreatif penulisan novel Kubah (2) mendeskripsikan dan menjelaskan struktur novel Kubah karya Ahmad Tohari, meliputi: tema, penokohan dan perwatakan, latar, alur (3) mendeskripsikan aspek kejiwaan yang terkandung dalam novel Kubah berdasarkan teori kebutuhan bertingkat Abraham Maslow (4) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Kubah. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode content analysis. Sumber data penelitian ini adalah: (1) teks, yaitu novel Kubah (2) informan, yaitu Ahmad Tohari pengarang novel Kubah, dan (3) buku-buku referensi yang relevan. Teknik pengumpulan data dengan analisis dokumen dan wawancara dengan pengarang novel Kubah. Trianggulasi dilakukan dengan trianggulasi data, teori, dan metod. Data tersebut diperoleh dengan mengkaji novel Kubah karya Ahmad Tohari melalui penafsiran terhadap teks untuk dipahami isinya dan teknik wawancara dilaksanakan untuk menggumpulkan data yang relevan dengan novel Kubah karya Ahmad Tohari. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model jalinan yang meliputi tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Penelitian ini mendapatkan simpulan bahwa (1) proses kreatif pengarang dalam penciptaan novel merupakan aktualisasi diri adalah ekspresi diri yang bermakna dan bermanfaat untuk masyarakat. Selain itu, proses kreatif Ahmad Tohari; pertama, tahap persiapan, tahap inkubasi, tahap iluminasi, dan tahap verifikasi; (2) struktur novel Kubah meliputi; tema ketuhanan yang direpresentasikan Karman yang melakukan pertobatan dari sikap atheisnya; penokohan dan perwatakan Karman merupakan tokoh bulat, latarnya pedesaan Pegaten 1937-1977; dan alurnya sorotbalik. (3) aspek kejiwaan, meliputi: perasaan dan emosi adalah perubahan kepribadian sebagai akibat adanya peristiwa yang ada dilingkungannya, konflik yang mempunyai motif positif dan negatif yang sama kuat, persepsi diakibatkan faktor stimulus eksternal, sikap yang berubah tokoh Karman menjadi sinis dan prasangka buruk terhadap tokoh Haji Bakir, dan respons yang negatif yang memiliki peran dalam terpenuhinya kebutuhan bertingkat yang digambarkan oleh Karman dalam memenuhi kebutuhan fisiologis, rasa aman, rasa cinta, harga diri, dan aktualisasi diri (4) Nilai pendidikan agama antara lain; keyakinan, pasrah/tawakal, beriman kepada Kitabkitab Tuhan, salat, dan zikir. Nilai pendidikan moral antara lain; mengucapkan salam, patuh pada orang tua, dan sabar. Nilai pendidikan sosial budaya dalam novel Kubah. Kata Kunci: Psikologi Sastra

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 09:50
    Last Modified: 16 Apr 2014 09:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11404

    Actions (login required)

    View Item