PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “ACTION LEARNING ” TERHADAP INTERNALISASI KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Fauziah, Irfana (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “ACTION LEARNING ” TERHADAP INTERNALISASI KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1154Kb) | Preview

    Abstract

    Irfana Fauziah. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTION LEARNING TERHADAP INTERNALISASI KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. April. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat internalisasi karakter (peduli, cerdas, mandiri, dan tanggung jawab) antara kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan Action Learning. Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menerapkan strategi pembelajaran Action Learning pada kelompok eksperimen dan pembelajaran konvensional dengan metode diskusi, ceramah dan tanya jawab pada kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dengan cluster sampling, sehingga diperoleh kelas VIIIG sebagai kelompok eksperimen dan VIIIH sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket internalisasi karakter, tes pilihan ganda (internalisasi karakter cerdas), lembar observasi, dan rubrik internalisasi karakter. Uji hipotesis menggunakan uji Anakova dengan pretes sebagai kovariat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Action Learning berperan nyata dalam menginternalisasikan karakter (peduli, cerdas, mandiri, dan tanggung jawab) siswa dalam pembelajaran biologi. Kata Kunci : Action Learning, pendidikan karakter, karakter

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 09:30
    Last Modified: 16 Apr 2014 09:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11398

    Actions (login required)

    View Item