HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH KETERAMPILAN DASAR KEBIDANAN II MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN YAPPI SRAGEN

Rohmah, Hajar Nur Fathur (2014) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH KETERAMPILAN DASAR KEBIDANAN II MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN YAPPI SRAGEN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (152Kb) | Preview

    Abstract

    Hajar Nur Fathur Rohmah. S541202056. 2013. Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar Dan Adversity Quotient Dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Keterampilan Dasar Kebidanan II Mahasiswa Akademi Kebidanan YAPPI Sragen. TESIS. Pembimbing I : Prof. Dr. Samsi Haryanto, M. Pd, II : Ir. Ruben Dharmawan, dr, M. Sc, Ph. D. Program Studi Kedokteran Keluarga, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Latar Belakang : Prestasi belajar berhubungan erat dengan kedisiplinan belajar dan adversity quotient. Kedisiplinan belajar adalah kesadaran seseorang dalam menaati aturan-aturan yang berhubungan dengan proses belajarnya baik yang dibuat oleh diri sendiri maupun pihak lain. Adversity quotient adalah suatu kemampuan dan ketahanan untuk menghadapi kesulitan, kegagalan, hambatan, sekaligus mengubah kesulitan maupun kegagalan tersebut menjadi peluang untuk meraih tujuan atau kesuksesan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kedisiplinan belajar dan adversity quotient dengan prestasi belajar mata kuliah Keterampilan Dasar Kebidanan II mahasiswa Akademi Kebidanan YAPPI Sragen. Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian di lakukan di Akademi Kebidanan YAPPI Sragen pada bulan April-Juni 2013 dengan populasi mahasiswa semester 2 sejumlah 58. Sampel diambil dengan teknik simple random samling sebanyak 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan data nilai UTS. Analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil : Ada hubungan positif yang signifikan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar dengan nilai signifikansi = 0,05 dan sumbangan efektif sebesar 13,03%. Ada hubungan positif yang signifikan antara adversity quotient dengan prestasi belajar dengan nilai signifikansi = 0,020 dan sumbangan efektif sebesar 17,89%. Ada hubungan positif yang signifikan antara kedisiplinan belajar dan adversity quotient secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata dengan nilai signifikansi = 0,029 dan sumbangan efektif sebesar 23,34%. Simpulan : Ada hubungan positif yang signifikan antara kedisiplinan belajar dan adversity quotient secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata kuliah KDK II mahasiswa Akademi Kebidanan YAPPI Sragen. Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar, Adversity Quotient, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 09:13
    Last Modified: 16 Apr 2014 09:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11394

    Actions (login required)

    View Item