PENERAPAN MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS XI IPS 4SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

Primandika, Wega Aditya (2014) PENERAPAN MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS XI IPS 4SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (311Kb) | Preview

    Abstract

    Aditya Wega Primandika. PENERAPAN MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa servis atas bolavoli melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 26 siswa putri. Sumber data penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, penilaian hasil belajar servis atas bolavoli. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan terjadi pada pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada pra siklus hasil belajar servis atas bolavoli mencapai 27,8% atau sebanyak 10 siswa dari 36 siswa telah mencapai kriteria tuntas. Pada aspek psikomotor pra siklus, siswa yang mencapai kriteria tuntas 27,8%, aspek kognitif siswa yang mencapai kriteria tuntas 36,1% dan aspek afektif siswa yang mencapai kriteria tuntas sebesar 63,8%. Pada siklus I, hasil belajar servis atas bolavoli mencapai 52,8% atau sebanyak 19 siswa dari 36 siswa telah mencapai kriteria tuntas. Pada aspek psikomotor siswa yang mencapai kriteria 52,8%, aspek kognitif siswa yang mencapai kriteria tuntas 52,8% dan aspek afektif siswa yang mencapai kriteria tuntas sebesar 80,5%. Pada siklus II, hasil belajar servis atas bolavoli mencapai 77,7% atau sebanyak 28 siswa dari 36 siswa telah mancapai kriteria tuntas. Pada aspek psikomotor siswa yang mencapai kriteria tuntas 77,7%, aspek kognitif siswa yang mencapai kriteria tuntas 75% dan aspek afektif siswa yang mencapai kriteria tuntas sebesar 91,6%. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli. Simpulan penelitian ini adalah penerapan modifikasi alat pembelajaran meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci : hasil belajar, servis atas bolavoli, penerapan modifikasi alat pembelajaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 08:56
    Last Modified: 16 Apr 2014 08:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11390

    Actions (login required)

    View Item