PROSES EKSTRAKSI DAN PENENTUAN PARAMETER STANDAR EKSTRAK TUMBUHAN OBAT DAUN DARUJU (Acanthus ilicifolius L.) SEBAGAI BAHAN CAMPURAN JAMU DI CV. BINA AGROMANDIRI BANTUL YOGYAKARTA

Nabsyawati, Tiara Ika (2014) PROSES EKSTRAKSI DAN PENENTUAN PARAMETER STANDAR EKSTRAK TUMBUHAN OBAT DAUN DARUJU (Acanthus ilicifolius L.) SEBAGAI BAHAN CAMPURAN JAMU DI CV. BINA AGROMANDIRI BANTUL YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (220Kb) | Preview

    Abstract

    Aplikasi penggunaan obat tradisional saat ini sudah cukup beragam dengan adanya industri-industri pengolahan obat herbal. Pengolahan dan penanganan tanaman obat ini tidaklah asal-asalan, kegiatan standarisassi dan pengendalian mutu sejak awal hingga akhir (budidaya, proses pengolahan tanaman obat menjadi ekstrak atau sediaan herbal lain) perlu dilakukan. Sedian obat atau bahan obat tradisional dapat berupa simplisia sebagai bahan awal, ekstrak cair, ekstrak kental, ekstrak kering, maupun minyak atsiri. Tanaman daruju (Acanthus ilicifolius L) merupakan salah satu tumbuhan obat yang dapat di ekstraksi dengan bahan awal simplisia. Praktek magang ini bertujuan mempelajari proses pengolahan ekstrak tanaman untuk jamu dari produksi hingga menjadi produk jadi yang sesuai parameter standar, mempelajari pengujian standar mutu dan parameter standar mutu ekstrak tanaman obat yang sesuai untuk obat herbal di CV. Bina Agro Mandiri. Proses ekstrak simplisia tanaman obat sebagai sedian obat herbal meliputi penyiapan bahan baku, penggilingan simplisia (pengecilan ukuran), penambahan dan pemilihan cairan pelarut, pemanasan diatas api, filtrasi, evaporasi dan pengeringan ekstrak. Parameter standar ekstrak ada 2 yaitu parameter spesifik dan non spesifik. Parameter spesifk sendiri terdidiri dari parameter identitas, organoleptik dan kromatogram. Parameter non spesifik sendiri meliputi parameter kadar air, cemaran mikroba, kapang, kamir dan cemaran logam berat. Kata Kunci: Daruju (Acanthus ilicifolius L), Ekstraksi, Parameter Standar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 08:51
    Last Modified: 16 Apr 2014 08:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11389

    Actions (login required)

    View Item