PENGGUNAAN MEDIA SLIDE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Plupuh Sragen Tahun Ajaran 2012/2013)

Meliana, meliana (2014) PENGGUNAAN MEDIA SLIDE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Plupuh Sragen Tahun Ajaran 2012/2013). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (575Kb) | Preview

    Abstract

    MEILINA. NIM: S861202011. 2013. Penggunaan Media Slide Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIIA MTsN Plupuh Sragen Tahun Ajaran 2012/2013) TESIS. Pembimbing I : Prof. Dr. Sunardi, Msc, II: Dr. Sariyatun, M.Pd. M.Hum. Progam Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses pembelajaran sejarah dengan mengunakan media slide di MTsN Plupuh Sragen (2) Dampak penggunaan media slide untuk meningkatkan motivasi belajar (3) Dampak penggunaan media slide untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini di lakukan pada MTsN Plupuh Sragen pada semester 1 tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data terdiri dari nara sumber (guru sejarah, siswa), dokumen (kurikulum, silabus, RPP, buku-buku pelajaran yang di gunakan, dokumen penilaian siswa, proses pembelajaran di kelas). Teknik pengumpulan data di gali melalui : Wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data yang di lakukan dengan menggunakan validitas hasil suatu tindakan, yaitu melihat sejauh mana keberhasilan dan peningkatan siklus, untuk di jadikan refleksi pada siklus berikutnya. Analisis data, menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil peningkatan motivasi dan prestasi belajar di tiap siklusnya, sehingga dapat di ketahui perbandingan perubahan terhadap motivasi dan prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Penggunaan media slide dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dalam proses pembelajaran sejarah pada SK. 1 Memahami lingkungan kehidupan manusia dan KD.1.2 Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia yang di tunjukan dengan peningkatan di tiap siklusnya, di siklus I rata-rata nilai sikap motivasi 64 atau 40%, siklus II rata-rata nilai sikap motivasi 74 atau 53.3% dan pada siklus III mengalami peningkatan yang sifnifikan dengan rata-rata nilai sikap motivasi 87 atau 89%; 2. Penggunaan media slide dalam pembelajan sejarah mampu meningkatkan prestasi belajar, hal ini di tunjukan kanaikan nilai di tiap siklusnya, nilai terendah siswa dari siklus I 50, siklus II 70 dan pada siklus III masih 70. Nilai tertinggi pada siklus I 85, pada siklus II 85 dan pada siklus III mengalami peningkatan yaitu 90. Untuk rata-rata kelas pada siklus I 68.6, siklus II 77.6 dan pada siklus III adalah 78.3, dari hasil tersebut maka berpengaruh pada jumlah prosentase siswa yang mendapatkan nilai sesuai atau di atas KKM. Di mana pada siklus I sebesar 36.6% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 76.2%, sedangkan pada siklus III meningkat secara signifikan sebesar 93.2%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Slide dalam pembelajaran sejarah mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa Kata Kunci : penggunaan media slide, pembelajaran sejarah, dan motivasi belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 08:41
    Last Modified: 16 Apr 2014 08:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11386

    Actions (login required)

    View Item