PERBANDINGAN REALISASI DAN PROSPEK PENERIMAAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2010-2012

Santoso, Ardi Himawan (2014) PERBANDINGAN REALISASI DAN PROSPEK PENERIMAAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2010-2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (431Kb) | Preview

    Abstract

    Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui besarnya realisasi penerimaan dan perkembangan penerimaan pajak reklame dari tahun ke tahun. Sehubungan dengan masalah tersebut, penelitian dilaksanakan dengan metode wawancara dan studi pustaka dilakukan dengan mengumpulkan informasi dari buku, dokumen dan literature lain. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (i) seberapa besar rasio pertumbuhan penerimaan pajak reklame di Kabupaten Sukoharjo (ii) Bagaimana prospek penerimaan pajak reklame untuk tahun-tahun mendatang di Kabupaten Sukoharjo (iii) Seberapa jauh usaha dinas pendapatan Kabupaten Sukoharjo untuk meningkatkan penerimaan PAD khususnya dari sector pajak reklame. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa kebijakan dan strategi pengelolaan pajak reklame yang sedang dilakukan DPPKAD dapat berjalan baik dan mendapat respon yang baik dari wajib pajak. Karena penerimaan pajak dari tahun ke tahun selalu melebihi target yang ditetapkan dan penerimaan pada tahun 2012 meningkat daripada tahun 2011. Dalam hal kepatuhan dapat dikatakan masih rendah karena masih ada wajib pajak yang terlambat dalam membayar pajak. Kendala yang dihadapi berasal dari wajib pajak maupun fiskas itu sendiri. Wajib pajak kurang sadar akan kewajiban dalam pembayaran pajak sendiri ke DPPKAD, masih ada wajib pajak yang terlambat dalam membayar pajak dan belum membuat pembukuan mengenai penerimaannya, kurangnya kualitas dan kedisiplinan fiskas, belum adanya juru sita pajak dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan fiskus bersedia datang ketempat wajib pajak, memberikan toleransi dalam membayar pajak sampai batas yang ditentukan. Oleh karena itu pelaksanaan pemungutan penerimaan pajak untuk mencapai target yang diinginkan perlu dibenahi lagi agar diperoleh hasil yang lebih baik. Kata Kunci: Pajak Reklame

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 08:24
    Last Modified: 16 Apr 2014 08:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11382

    Actions (login required)

    View Item