PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK

Sudarsono, and Hartono, and Amir, (2012) PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK. Didaktika Dwija Indria, 2 (3).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (451Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract : The objective of the research is to investigate whether or not the use of interactive multimedia to improve the comprehension on the concept of changes in the physical environment. This research used the classroom action research methods, which was conducted in two cycles. The data of this research were gathered trough interview, observation, and test. The data were then analyzed by using descriptive qualitative model consisting of components, namely: categorization of data, data validation, data imterpretation and action. Based on the results of in this research, a conclusion is drawn that the use of the interactive multimedia can improve the comprehension on the concept of changes in the physical environment. Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perubahan lingkungan fisik dengan menggunakan multimedia interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: teknik observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis diskriptif kualitatif, yang mempunyai beberapa komponen yaitu: kategorisasi data, validasi data, interpretasi data dan tindakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep perubahan lingkungan fisik. Kata kunci: lingkungan fisik, multimedia interaktif, pemahaman konsep

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 16 Apr 2014 08:11
    Last Modified: 16 Apr 2014 08:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11365

    Actions (login required)

    View Item