PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT

Febreiyani, Nila and A.Dakir, and Istiyati, Siti (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT. Didaktika Dwija Indria, 2 (3).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (133Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract The objective of research is to improve the concept understanding of System Goverment Center with applying cooperative learning model Teams Games Tournament type. This study belongs to a classroom action research (CAR). The research process was implemented in two cycles. Each cycle consisted of four stages: (1) planning, (2) acting, (3) observing, and (4) reflecting. Techniques of collecting data used were test, observation, and documentation. In order to validate data, the author employedcontentsvalidate. Technique of analyzing data used was an interactive analysis model including three components: data reduction, data display, and conclusion drawing. Considering the result of research it can be concluded that with applying cooperative learning model Teams Games Tournament typecan improve the concept understanding of System Goverment Center. Abstrak Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep sistem pemerintahan pusat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada siswa kelas IV SD Negeri II Nambangan tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan validitas isi.Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif meliputi tiga buah komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan pemahaman konsep sistem pemerintahan pusat pada mata pelajaran PKn. Kata kunci : Teams Games Tournament, pemahaman konsep, Sistem Pemerintahan Pusat

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 16 Apr 2014 08:15
    Last Modified: 16 Apr 2014 08:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11364

    Actions (login required)

    View Item