PENERAPAN MODEL JIGSAW DAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI PADA PEMBELAJARAN PKN

Anggoro, Andang and Dakir, A. and Karsono, (2012) PENERAPAN MODEL JIGSAW DAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI PADA PEMBELAJARAN PKN. Didaktika Dwija Indria, 2 (3).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (228Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract: The objective of this research is to improve grade V students understanding of freedom association by cooperative learning Jigsaw type and audio visual media. The research was held in two cycles in each which consisted of planning, taking action, observation and reflection. The result shows that cooperative learning Jigsaw and audio visual media type can improve grade V students’ understanding of freedom association in SD Negeri Borongan 02 Polanharjo Klaten. Based on the research, it can be concluded that cooperative learning Jigsaw type and audio visual media can improve grade V student’s understanding of freedom association material in SD Negeri Borongan 02 Polanharjo Klaten academic year 2011/2012. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan pemahaman materi kebebasan berorganisasi melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan media audio visual pada siswa kelas V. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman materi kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri Borongan 02 Polanharjo Klaten. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Jigsaw dan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman materi kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri Borongan 02 Polanharjo Klaten tahun ajaran 2011/2012. Kata kunci: Model jigsaw, kebebasan berorganisasi, media audio visual.

    Item Type: Article
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 16 Apr 2014 07:20
    Last Modified: 16 Apr 2014 07:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11358

    Actions (login required)

    View Item