PERBEDAAN PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE CERAMAH DIBANDINGKAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA WANITA USIA SUBUR DI KABUPATEN MAGETAN JAWA TIMUR

Apriani, Arista (2014) PERBEDAAN PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE CERAMAH DIBANDINGKAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA WANITA USIA SUBUR DI KABUPATEN MAGETAN JAWA TIMUR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (467Kb) | Preview

    Abstract

    Jenis kanker di Indonesia didominasi kanker payudara. Deteksi dini belum populer di Indonesia, oleh karena itu diberikan pendidikan kesehatan untuk peningkatan pengetahuan atau sikap masyarakat. Metode pendidikan kesehatan merupakan salah satu jawaban terhadap beberapa masalah yang dihadapi dalam pendidikan kesehatan yaitu salah satunya dengan ceramah atau dengan booklet. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dibandingkan dengan booklet terhadap pengetahuan dan sikap tentang deteksi dini kanker payudara. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan before and after with control experiment design. Populasi sumber (populasi terjangkau) yaitu wanita usia subur di Kelurahan Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel secara purposive. Kelompok kontrol (ceramah) jumlah sampel 30 subjek dan kelompok eksperimen (booklet) jumlah sampel 30 subjek. Pengumpulan data pengetahuan dan sikap diukur dengan kuesioner. Analisis data dengan analisis regresi linier ganda (ANACOVA). Temuan penelitian menunjukkan, wanita usia subur yang mendapatkan pendidikan kesehatan dengan booklet memiliki pengetahuan tentang kanker payudara 3,31 poin lebih tinggi dibandingkan dengan metode ceramah (b = 3,31; CI 95%; 2,23 hingga 4,38; p < 0,001). Wanita usia subur yang mendapatkan pendidikan kesehatan dengan booklet memiliki sikap tentang deteksi dini kanker payudara 9,36 poin lebih tinggi dibandingkan dengan metode ceramah (b = 9,36; CI 95%; 5,76 hingga 12,97; p < 0,001). Kesimpulan penelitian ini ada perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dibandingkan dengan booklet terhadap pengetahuan dan sikap tentang deteksi dini kanker payudara dengan mengontrol tingkat pendidikan formal serta pengetahuan dan sikap sebelum perlakuan. Arista Apriani. S541108010. 2013. DifferencesEffect of Health Education with Lecturing compared Booklet Methods on Knowledge and Attitude about Early Detection of Breast Cancer in Productive Age Women in Magetan Regency, East Java. THESIS. First Consultant: Prof. Bhisma Murti, dr, MPH, MSc, PhD, Second Consultant: Dr. Nunuk Suryani, M.Pd, Family Medical Magister Study Program, Postgraduate Program, Surakarta Sebelas Maret University.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 06:54
    Last Modified: 16 Apr 2014 06:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11356

    Actions (login required)

    View Item