PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT

Ariyono, Afeq and Ngadino, and Budiarto, Tri (2012) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT. Didaktika Dwija Indria, 2 (2).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (167Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract: The objective of this study is to improve grade IV students’ understanding of central governmental system by cooperative learning Bamboo Dancing type. The research was held in two cycles in each which consisted of planning, taking action, observation and reflection. The subjects of the research were grade IV students of SD Negeri Borongan 02 consisting 16 students. The sources of data came from teachers and students. The techniques of collecting data are observation, interview, test and documentation. To get data validity, the researcher used triangulation of data sources, method and theory. The data analysis used was interactive analysis technique. The research procedure was in form of repetitive cycles which consisted of four steps namely (1) planning, (2) taking action, (3) observation, and (4) reflection. Based on the research, it can be concluded that cooperative learning Bamboo Dancing type can improve grade IV students’ understanding of central governmental system in SD Negeri Borongan 02 Polanharjo Klaten academic year 2011/2012. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan pemahaman materi sistem pemerintahan pusat melalui pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing pada siswa kelas IV. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Borongan 02 yang berjumlah 16. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data, metode dan teori. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam bentuk siklus yang berulang-ulang, yang mencakup empat langkah, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Bamboo Dancing dapat meningkatkan pemahaman materi sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV SD Negeri Borongan 02 Polanharjo Klaten tahun ajaran 2011/2012. Kata Kunci: Model bamboo dancing, sitem pemerintahan pusat

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 16 Apr 2014 06:51
    Last Modified: 16 Apr 2014 06:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11351

    Actions (login required)

    View Item