BERHITUNG BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR KELAS IV MELALUI MEDIA NOMOGRAF

Ratnaningsih, Arum and Shaifuddin, M and Mahfud, Hasan (2012) BERHITUNG BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR KELAS IV MELALUI MEDIA NOMOGRAF. Didaktika Dwija Indria, 2 (2).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (263Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract: The Integers Counting through Nomograph’s Media at Fifth Class Elementary School. The purpose of this research is to improve learner’s ability in the integers counting through Nomographs media and to description the learning process with Nomographs media. This research is a qualitative study the type of classroom action research with using cyclic model consist of three cycles. Each cycle has four steps are planning, action, observation, and reflection. The research result, it can be concluded that used Nomographs media can improve the integer counting ability in fifth class elementary school. Abstrak: Berhitung Bilangan Bulat di Sekolah Dasar Kelas IV melalui Media Nomograf. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berhitung bilangan bulat melalui media Nomograf dan mendeskripsikan proses pembelajaran dengan media Nomograf. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenisnya penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Nomograf dapat meningkatkan kemampuan berhitung bilangan bulat di sekolah dasar kelas IV. Kata Kunci: berhitung, bilangan bulat, media nomograf

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 16 Apr 2014 06:34
    Last Modified: 16 Apr 2014 06:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11349

    Actions (login required)

    View Item