PENGARUH PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Wihartanti, Liana Vivin (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (251Kb) | Preview

    Abstract

    Liana Vivin Wihartanti. S991108009. Pengaruh Pembelajarn Ekonomi dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Talk Write (TTW) terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 2 Sragen Tahun 2012/2013. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Sri Anitah W, M. Pd, Pembimbing II: Dr. Asri Laksmi Riani, M. Si. Program Studi Pendidikan Ekonomi Program, Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Think Talk Write (TTW) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. (2) menganalisis pengaruh tingkat motivasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (3) menganalisis pengaruh interaksi metode pembelajaran dan tingkat motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sragen tahun pelajaran 2012/2013, yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI IS 1, XI IS 2, XI IS 3 dan jumlah keseluruhannya adalah 98 siswa.pengambilan sampel dengan teknik menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IS 2 sebagai kelas kelas eksperimen I yang berjumlah 32 siswa dan kelas XI IS 3 yang berjumlah 33 siswa digunakan sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data yang digunakam dalam penelitian ini adalah dokumentasi, angket motivasi dan tes prestasi belajar ekonomi. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis varian dua jalan dan taraf signifikan sebesar 5%. Uji prasyarat dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov Z dan uji Homogenitas dengan uji F. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Think Talk Write (TTW) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. (2) Terdapat Pengaruh antara tingkat motivasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar ekonomi (3) Terdapat interaksi pengaruh antara metode pembelajaran dan tingkat motivasi prestasi belajar ekonomi. Kata kunci: Motivasi, Prestasi Belajar Ekonomi, Think Pair Share (TPS), Think Talk Write (TTW)

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 06:19
    Last Modified: 16 Apr 2014 06:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11347

    Actions (login required)

    View Item