STRATEGI PROMOSI WISATA SURAKARTA MELALUI BUS TINGKAT WERKUDARA BAGI PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS

Putra, Trendy Satria (2014) STRATEGI PROMOSI WISATA SURAKARTA MELALUI BUS TINGKAT WERKUDARA BAGI PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (449Kb) | Preview

    Abstract

    Trendy Satria Putra, 2013. Pengantar Tugas Akhir ini berjudul Strategi Promosi Wisata Surakarta Melalui Bus Tingkat Werkudara. Strategi Promosi merupakan salah satu aspek yang penting dalam manajemen pemasaran dan sering dikatakan sebagai proses berlanjut. Ini disebabkan karena promosi dapat menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya di perusahaan. Salah satu strategi promosi yang sedang ramai digunakan adalah Brand Activation. Brand activation dapat didefinisikan sebagai bagian dari proses pemasaran dari sebuah brand dengan tujuan untuk mendekatkan brand terhadap konsumen dengan menciptakan brand experience. Kota Surakarta memang terkenal akan wisata budayanya, namun sekarang ini kesadaran anak muda dalam melestarikan kebudayaannya semakin menurun. Tidak hanya kesadaran namun asset budaya lokal di Surakarta semakin tergerus oleh perkembangan zaman. Jika hal tersebut tidak segera ditanggulangi maka kemungkinan budaya itu sendiri akan mulai luntur padahal anak muda adalah generasi penerus bangsa, betapa ironi jika generasi penerus bangsa justru melupakan budaya yang mereka miliki. Untuk itulah perlu diselenggarakan sebuah brand activation bagi anak muda di Surakarta untuk memupuk atau membangkitkan kembali kepedulian terhadap budaya disekitar mereka. Pada perancangannya, Bus Tingkat Werkudara digunakan sebagai ikon dalam perancangan brand activation. Dengan target audience berupa anak sekolah menengah keatas secara tidak langsung perancangan kegiatannya harus dibuat sesuai karakteristik usia mereka dengan mengusung tema yang fun dan menarik. Kemudian dirancanglah bentuk visual yang kreatif yang nantinya akan membangkitkan gairah target audience untuk berpartisipasi dalam kegiatan brand activation dalam rangka melestarikan budaya yang ada di Kota Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 06:06
    Last Modified: 16 Apr 2014 06:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11345

    Actions (login required)

    View Item